Jejak Pertama : Azzam

Postingan ini adalah yang pertama. Dan blog baru ini yang merupakan kelanjutan dari blog sebelumnya. Ini adalah secuil kejadian dalam rentetan waktuku. Semoga memberikan manfaat untuk membuat sehat berpikir. Bahwa masih banyak kenikmatan yang bisa dilakukan di atas bumi ini. Wah bahasanya berat sekali yah. Hehe.

Jejak Pertama Azzam

Antara berazzam, bertawakal, dan berusaha. Itu adalah bahasan yang diberikan oleh mas Fauzan hari jumat minggu kemarin di Lipo FTI UII. Azzam itu artinya niatan. Kalau tawakal itu sebuah tindakan hati yang meyakini bahwa manusia hanya bertugas berusaha. Sepenuhnya ada di tangannya. Lalu aku bertanya, ”Apa bedanya tawakal dan berusaha?”. O, ternyata sebenarnya berbeda. Kalau berusaha itu lebih pada aktivitas fisik sebab-akibat. Misalnya kalau ingin rumahnya aman, maka harus dikunci. Kalau sudah tawakal bearti yakin bahwa rumah akan aman karena pertolonganNya. Hemm, jadi emang harus ketiganya terpenuhi. Kesalahan lebih banyak karena  tawakal belum sempurna. Sehingga berusahanya juga setengah-setengah. Walaupun azzamnya sudah baik dan bagus.

Tingkah laku turu wanita jawa. Belum lama ini baca tulisan di koran. Membahas mengenai tingkah laku turu (baca : tidur) wanita suku jawa. Penulis menceritakan panjang lebar filosofisnya. Ah membosankan sebenarnya. Tetapi ada yang membuat aku betah membaca. Karena inti sari cerita sebenarnya simpel. Wanita jawa khususnya ibu-ibu, porsi tidurnya lebih banyak daripada laki-laki. Boleh dibuktikan kok. Aku yang asli jawa juga merasakannya. Kalau ibu biasanya bangunnya lebih pagi daripada bapak. Tapi untuk urusan tidur, bapak lebih duluan. Katanya sih ‘ra ilok’.

Terimakasih spesial buat Hamka yang telah memberikan hadiah domain gratis ini.

Posting Yang Berkaitan :

7 thoughts on “Jejak Pertama : Azzam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>