Tipe-Tipe Rubik 3×3

Tipe-tipe Rubik 3x3Sudah lama tidak mainan Rubik. Sudah berkurang pula teman-teman yang biasanya¬†bermain Rubik bersama. Karena sudah ada yang bekerja ke luar kota, pulang ke kampung halamannya masing-masing dan sebagainya. Saya cuma penggemar Rubik biasa, bukan Speedcuber sejati yang jago ikutan kompetisi :D. Bahkan saya mengikuti kontes nya pun belum pernah. Sebelumnya, saya pernah membuat posting mengenai Macam-Macam Rubik. Dan kali ini cuma mau berbagi mengenai tipe rubik 3×3.¬†Setau saya ada beberapa tipe rubik 3×3. Yaitu :

1. Rubik Biasa atau Aspal
Kualitas rendah. Bisa dibeli di toko mana saja. Warnanya tidak standar, putarannya keras dan bisa nyangkut atau lock up.

2. Rubik’s Cube Original
Dikeluarkan resmi oleh perusahaan Rubik’s, ada stiker dan logonya. Awet walaupun pada awalnya agak seret. Mungkin jika rutin dimainkan dalam beberapa hari sudah bisa nyaman selanjutnya. Kekencangannya tidak bisa diatur karena menggunakan sejenis paku bukan mur.

3. Rubik Chinese DIY (Do It Yourself)
Bisa diatur screw dan spring-nya untuk menentukan tingkat kerapatan sesuai dengan keinginan. Rubik ini memiliki beberapa tipe seperti tipe Alpha, Tipe B (sheng En), Tipe C, tipe D (Young Jun), Tipe E (Diansheng) dan tipe F. Untuk menjelaskan perbedaan masing-masing tipe, saya belum tau betul. Yang sejauh ini saya tau tipe A cukup halus, cocok untuk latihan pemula. Sedangkan Tipe B cukup berat. Mungkin lain kali kalau saya sudah mempelajari dengan baik, akan saya tulis kembali di blog :D.

Posting Yang Berkaitan :

13 thoughts on “Tipe-Tipe Rubik 3×3”

  1. Saya selalu kurang sabar dan telaten dalam memainkan alat permainan ini.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    [Reply]

    arif Reply:

    @alamendah, wah maap neeh kang. lum bisa memenuhi tantangannya :(, mungkin next time moga bisa deh. maklum, hari minggu ga banyak waktu akses internet. cuma sempat me-review race motogp catalunya :D

    [Reply]

  2. saya suka main rubik
    dari yg punya anak sampai eprnah beli sendiri
    tapi ga pernah berhasil menyusun kembali
    pernah coba baca tutorialnya
    tapi malah smakin bingung
    :)

    [Reply]

    arif Reply:

    @lyna riyanto, sebetulnya lebih banyak hapalan kok :D

    [Reply]

  3. salam sob
    aku juga suka sob main rubik ini
    btw beli yang asli dimana sob

    [Reply]

    arif Reply:

    @Kisah Abu Nawas, banyak pilihan bro. klo dijogja, di gramed bisa, di toko buku togamas, shapire square, ato beli online di virkill :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>