Logo Partai Nasdem

logo partai nasdemKemarin, telah resmi dideklarasikan sebuah partai baru, yaitu Partai Nasdem. Tentu sudah banyak yang menebak hal ini akan terjadi setelah sebelumnya dibuat sebuah Ormas Nasional Demokrat dengan salah satu tokoh yang memprakarsai dan menyandang dana yaitu Surya Paloh. Kepengurusannya sudah tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Meskipun begitu, proses “ganti baju” tersebut yakni dari Ormas menuju sebuah Partai memang menuai kontroversi di kalangan internal. Salah satu indikasinya seperti mundurnya tokoh penting deklarator Ormas Nasional Demokrat yaitu Sri Sultan. Ketika pembacaan deklarasi hari kemarin pun, Surya Paloh yang juga disebut masih disebut sebagai penyadang dana Partai Nasdem nampak tak hadir. Jadi nampak ingin dikatakan oleh mereka jika Ormas Nasional Demokrat dan Partai Nasdem adalah berbeda tapi masih sejalan beriringan. Itu menurut pendapat pribadi saya lho :D. Dan lagi pula ini hanya sekadar opini saya¬†yang juga bukan merupakan salah satu anggota Ormas maupun Partai tersebut.

Selain itu, saya juga bukan hendak mengomentari lebih lanjut mengenai kiprah Partai Nasdem akan seperti apa. Partai yang kabarnya punya Ketua Umum Rio Capella, pernah bergabung di PAN. Dan Wakil Ketua Umum Sugeng Purwanto. Saya bukanlah pengamat politik atau mahasiswa ilmu politik yang kompeten untuk ikut nimbrung ngoceh berkomentar mengenai politik secara intens. Hanya masyarakat sipil biasa yang juga punya hak konstitusi kebebasan berpendapat :).

Nah, jadi ini mengenai logo Partai Nasdem. Kenapa dengan logo Partai Nasdem? Seperti telah disebutkan di atas jikalau Partai Nasdem dan Ormas adalah berbeda. Barangkali karena untuk membedakan itulah sehingga logonya pun harus berbeda. Saya kurang tau apa motivasinya sehingga pembedaan logo itupun dilakukan secara sederhana. Yaitu hanya memutar 180 derajat logo Ormas Nasional Demokrat sehingga menjadi logo Partai Nasdem. Kurang lebih seperti ilustrasi di bawah ini :

logo partai nasdem

Logo tersebut saya kutip dari nasionaldemokrat.org. Tidak ada maksud atau unsur tertentu untuk menyudutkan salah satu pihak, hanya sekadar mengomentari mengenai logo Partai Nasdem :D. Bagaimana dengan pendapatmu mengenai baru Partai Nasdem dan logo barunya?

Posting Yang Berkaitan :

15 thoughts on “Logo Partai Nasdem”

  1. Iya, Mas..
    Jadi logo Ormas Nasdem itu sudah di-hakcipta-kan..
    Nah yang mendaftarkan Partai Nasdem kan beda lagi, logo Ormas Nasdem ga bisa dipakai untuk Partai Nasdem..
    Begitulah..

    [Reply]

    arif Reply:

    @giewahyudi, yes, dan klo ga salah tgl 6 april lalu partai nasdem jg dah resmi mendaftarkan jadi partai ya….

    [Reply]

  2. saya kok malah pengen ketawa mas lihat logonya…hahaha
    terlepas dari maslaah hak cipta atau apa tapi lucu juga klo dipikir2 :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @fafa firdausi, mungkin juga ada faktor “mendadak” semacam ingin segera terdeklarasikan menjadi partai, jd persiapannya bs panjang, CMIIW :)

    [Reply]

  3. Saya adalah seorang logo designer, saya memahami bahwa setiap logo memiliki latar belakang, makna filosofis tertentu. Logo ormas NASDEM terlihat sangat jelas bahwa itu adalah simplifikasi dari kepala burung rajawali. Seperti yang kita tau bahwa burung rajawali adalah icon dari METROTV dan koran MEDIA INDONESIA yang juga milik SURYA PALOH….nah yang tidak saya pahami adalah mengapa logo PARTAI NASDEM hanya dengan membalikkan logo ORMAS NASDEM….jadi apa bisa dibilang logo PARTAI NASDEM adalah kepala rajawali yang terbalik…lalu apa kira-kira makna filosofis kepala rajawali yang terbalik??silakan artikan sendiri :)

    [Reply]

  4. Yang akan tertipu orang adalah orang bodoh tapi orang pintar seperti Sultan tak mau tertipu. Kalau rajanya nggak mau ditipu maka rakyat jawa jangan sampai tertipu.

    [Reply]

  5. Metro Tv burung banget, dan sarangnya adalah Ormas Nasdem. Partai Nasdem?? Sarang burung terbalik maka anak2 burungnya kasihan dong !!! Pada jatoh.

    [Reply]

  6. Kalau dari logo nampaknya Nasdem masih belum konsisten coba lihat logo masih membingungkan kadang kuningnya diatas kadang dibawah mana yang benar. saya khawatir itu bisa jadi persoalan nantinya. coba direcek kembali.

    [Reply]

    arif Reply:

    @Sarjianto, logo partai dan ormas beda, coba direcek kembali juga liatnya :)

    [Reply]

  7. Saya awalnya welcome tapi koq Grand strateginya aneh kenapa ? ya aneh aja itu koq banyak orang Golkar apa iya otaknya dan pikirannya bisa berubah jangan-jangan ini Golkar gaya baru cuma beda cat dan packingnya.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>