Sajadah Panjang

Sajadah PanjangSalah satu lagu yang mengiringi atau sebagai theme song semarak Cahaya Ramadhan 1432 H di MetroTV adalah lagu berjudul Sajadah Panjang. Dinyanyikan oleh Bimbo. Sejujurnya, pada awalnya saya kurang ngeh jika yang diputar itu adalah lagu Sajadah Panjang. Karena yang diputar hanya beberapa penggalan bait. “Begitu terdengar suara adzan, Kembali tersungkur hamba, …”. Itu juga dengan aransemen musik yang baru sepertinya :). Di sisi lain, barangkali karena saya juga kurang mengenal lagu Sajadah Panjang dengan baik. Hanya tau judul dan lirik awalnya saja :D. Menurut saya, lagu Sajadah Panjang mempunyai lirik dan makna lagu yang sangat mendalam. Oleh karena itu saya menjadi tertarik untuk mengetahui lebih detail mengenai lagu tersebut, song by Djaka Bimbo & lirik by Taufik Ismail.

Sajadah Pajang adalah salah satu karya sasrta dari Bapak Taufiq Ismail, lalu kemudian dinyanyikan oleh Bimbo. Sayang sekali, saya belum menemukan info detail tahun berapa pertama kali dinyanyikan. Mungkin sekitar tahun 70-an atau 80-an. Pada tahun 1998, sebuah buku yang mengulas perjalanan musik Bimbo terbit dengan judul : Sajadah panjang Bimbo : 30 tahun perjalanan kelompok musik religius / Tatang Sumarsono ; prolog, Ramadhan K.H. ; epilog, Taufiq Ismail. Penerbit : Mizan, Bandung. Kabarnya, ada pula sinetron yang dibintangi oleh Desy Ratnasari berjudul Sajadah Panjang (SMS) (SCTV, 2002). Sedangkan pada tahun 2006, grup band Gigi menyanyikan ulang lagu Sajadah Panjang dengan aransemen baru bernuansa modern rock (Album Pintu Sorga, 2006). Di samping itu, Sajadah Panjang juga pernah dinyanyikan oleh Ariel Peterpen dalam versi akustik.

Bimbo sebagai salah satu musisi senior Indonesia memang akan tetap menjadi legenda. Konsisten dalam menyajikan musik. Dan begitu pula dengan lagu atau lirik Sajadah Panjang yang akan selalu dikenang dan diputar ulang terus. Serta berharap semoga bukan hanya untuk momentum sesaat ketika Ramadhan tiba, tetapi kontinu.

Ada sajadah panjang terbentang
Dari kaki buaian
Sampai ke tepi kuburan hamba
Kuburan hamba bila mati

Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan sujud
Di atas sajadah yang panjang ini
Diselingi sekedar interupsi

Chorus:
Mencari rezeki mencari ilmu
Mengukur jalanan seharian
Begitu terdengar suara adzan
Kembali tersungkur hamba

Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan rukuk
Hamba sujud tak lepas kening hamba
Mengingat Dikau sepenuhnya





Posting Yang Berkaitan :

9 thoughts on “Sajadah Panjang”

  1. Dibalik sebuah judul mengisyaratkan makna yang terpendam, sama halnya juga dengan lagu Sajadah Panjang miliknya Bimbo. Terdengar nyaman dan tenang untuk didengar… Trims

    [Reply]

  2. Saya jadi mikir, klo Bimbo orang2nya dah ngga ada, kayaknya Band spesialis lagu2 rohani kita dah ngga ada lagi

    Yg musim sekarang band religius musiman, pas bulan puasa doang jadi religinya :lol:

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: