Tips Memilih Modem Internet

tips memilih modem internetBerikut ini beberapa tips memilih modem internet untuk kebutuhan personal. Yang dipakai sebagai piranti tambahan di komputer desktop atau komputer jinjing macam laptop dan netbook (bukan modem internal). Sekadar berbagi tips barangkali ada yang sedang hendak memutuskan untuk membeli modem GSM / CDMA baru, atau mengganti piranti modem lama yang sebelumnya menggunakan koneksi internet via kabel telepon (modem ADSL). Umumnya, modem internet GSM / CDMA menggunakan model sambungan via USB. Berbagai merk modem internet GSM / CDMA telah banyak beredar di pasaran. Operator-operator telekomunikasi baik GSM maupun CDMA juga telah berlomba menawarkan berbagai varian layanannya.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Kebutuhan

Perlu dicermati apa kebutuhannya bukan sekadar keinginan. Ada yang hanya sekadar ingin mengikuti perkembangan informasi, ada yang memang doyan berselancar hingga download berbagai multimedia, dan ada pula yang berkebutuhan untuk mendukung pekerjaan sehingga bisa dibilang cukup krusial.

2. Anggaran Dana

Ketersediaan dana pribadi untuk memenuhi kebutuhan disesuaikan dengan jenis-jenis seperti dipaparkan di atas. Untuk membeli piranti modem, rerata harga ratusan ribu rupiah. Sedangkan perdana GMS / CDMA bervariasi dari harga cuma-cuma alias gratis hingga puluhan ribu rupiah.

Jika hanya sekadar untuk mengikuti perkembangan informasi macam aktif di social media maka rata-rata biaya per bulan bisa hanya sampai puluhan ribu rupiah. Sedangkan untuk kebutuhan download ukuran data yang lebih besar dan banyak, bisa menghabiskan dana seratus hingga dua ratusaan ribu rupiah per bulan. Lain pula jika berkebutuhan untuk menunjang pekerjaan setiap hari yang berhubungan dengan internet, maka anggaran untuk pulsa bisa lebih besar.

3. Kualitas 

Kualitas modem GSM / CDMA cukup dipengaruhi oleh kualitas pabrikan dan penggunaan. Jika modem cepat panas, maka sebaiknya ditambah piranti kabel USB.

Sinyal internet adalah hal utama. Jadi sebelum memilih modem dan operator, pastikan dahulu sinyal di sekitar lokasi rumah / kantor avaiable dan cukup baik untuk operator telekomunikasi penyedia layanan internet GSM / CDMA.

***

Sekian tips memilih modem internet, semoga bisa membantu. Versi lain saya tuangkan dalam bentuk cerita di blog wordpress :D. Ohiya, saat ini saya menggunakan modem CDMA smartfren, karena kualitas sinyal cukup baik di sekitar kos dan kebutuhan untuk browsing serta menunjang keperluan pekerjaan sampingan cukup terpenuhi sesuai dengan ketebalan kantong.





Posting Yang Berkaitan :

15 thoughts on “Tips Memilih Modem Internet”

  1. Nah yang jadi masalah adalah sinyal mas. Sampe sekarang saya belum tau operator mana yang bagus di daerah saya. (soalnya ada rencana beralih ke modem CDMA/GSM) :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @iam, silakan cek pake modem GSM/CDMA dulu, mungkin bisa pinjem punya temen or sodara :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @arif, ohiya, jangan lupa juga perhatikan faktor hujan, terkadang untuk beberapa operator cukup berpengaruh :)… CMIIW

    [Reply]

  2. saya juga pemakai smartfren..tapi akhir-akhir ini di daerah saya koneksinya kurang bagus… padahal kata temen yang lain, modem GSM jauh lebih lambat daripada smartfren..
    jadi dilema.. hehe *curhat dikit*

    [Reply]

  3. Kadang make modem bikin kesel mas, apalagi pas cuaca buruk, lemot banget. :-) tapi untunglah sementara ini cuaca dan operator lagi bersahabat, jadi bisa berkunjung ke sini. He.he . . . :-D

    [Reply]

  4. nambah 1 lagi
    nomor 4
    sesuaikan kekuatan sinyal di sekitar rumah, ntar sinyal tak ada untuk apa beli modem.
    apa harus keluar rumah terus untuk ndapetin sinyal hehehehe

    [Reply]

    arif Reply:

    @attayaya-bono, itu udah ada di penjabaran / penjelasan nomor 3 bang, kualitas :D

    [Reply]

  5. Saya pakai modem CDMA, sudah 2 tahun, Alhamdulillah tidak ada masalah.
    Dulu pertimbangan utama saya adalah anggaran, harga modem terjangkau, biaya bulanan juga tidak memberatkan :D

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: