Stand Up Comedy Show

stand up comedy showStand Up Comedy hadir kembali di dunia hiburan Indonesia. Setidaknya beberapa stasiun televisi seperti MetroTV dan (penyedia konten) KompasTV, belum lama ini menghadirkan kembali “genre” komedi tersebut. MetroTV mempunyai program Stand Up Comdey Show (acara disponsori oleh Smartfren) yang tayang setiap hari kamis malam pukul 22.30 WIB, lalu sekarang berubah jam tayang menjadi rabu malam pukul 22.30 setelah Mata Najwa. Durasi setengah jam dan menampilkan 3 comic (sebutan untuk para komedian). Seingat saya, “genre” komedi macam itu yang “terakhir” tayang di media hiburan televisi adalah dimainkan oleh (alm.) Taufik Savalas beberapa tahun lalu di TransTV. Lalu kemudian “genre” komedi macam itu seolah “hilang” lagi.

Walaupun kalau di “jagad” seni pertunjukan panggung, kita mengenal Raja Monolog Butet Kertaredjasa yang hingga kini masih eksis. Menurut saya, jenis stand up comedy itu kurang lebih mirip atau serupa dengan seni monolog, tapi saya tidak tau persisnya apa saja yang membedakan. Silakan bertanya ke para seniman yang tentu lebih tau perihal tersebut :D.

Komedian Baru dan “Ejekan” Baru

Tidak dipungkiri lalu kemudian bermunculan para komedian baru (yang umumnya masih muda-muda) yang memainkan Stand Up Comedy. Pekerjaan baru, hiburan baru dan tentu industri baru yang cukup positif :D. Tidak hanya di ibukota saja, di beberapa daerah seperti Semarang dan Jogja pun tak mau ketinggalan ikutan “demam” Stand Up Comedy. Beberapa cafe atau resto secara khusus menampilkan acara komedi tersebut.

Sejauh ini, saya hanya pernah nonton Stand Up Comedy yang tayang di MetroTV. Selain itu belum pernah, paling hanya sebatas mencari di youtube. Menurut saya, Stand Up Comedy itu yang menjadi ciri khasnya adalah cerita dan “ejekan”. Hampir pasti ada sebuah cerita yang menjadi topik utama plus “ejekan”. Sehingga hal itulah yang menjadi lucu, penonton pun tertawa :mrgreen:.

Tapi beberapa hal yang lucu itu, menurut saya terkadang terlalu menjurus ke hal yang “sara” dan “saru”. Bukan bermaksud memberikan penilaian generalisir tapi mungkin juga ada aspek dimana komedi jenis ini baru muncul kembali. Sehingga mungkin butuh penyesuaian, kritik-saran, dan semacamnya. Toh meskipun begitu, saya rasa acara Stand Up Comedy Show di MetroTV sepertinya tetap laris manis cukup disukai penonton hingga saat ini :).

Mudy Taylor dan Temon

Mudy Taylor (mantan penyiar radio SK – Suara Kejayaan) dan Temon (pelawak, temannya Abdel) adalah dua comic yang menurut saya paling lucu yang pernah tampil di Stand Up Comedy Show MetroTV. Mengapa? Karena kelucuannya itu punya nilai lebih dengan cara bernyanyi dan bermain gitar :D. Sayang sekali belum nemu rekaman Temon di youtube, hanya ada Mudy Taylor seperti simak saja video berikut ini :).

Ngomong-ngomong, Apakah kamu juga suka Stand Up Comedy?

Posting Yang Berkaitan :

16 thoughts on “Stand Up Comedy Show”

  1. Saya suka yang iwelwel :D

    yah…memang sih kadang terlalu keterlaluan…tp overall lucu lah :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @sky, maybe “stand up comedy Indonesia is yet to learn”. semoga ke depan lbh bagus lagi :). tidak hanya sekadar tontonan tapi juga tuntunan

    [Reply]

  2. tp setidaknya stand up komedi yg sy nonton di kompas tv lebih keren dari barat.

    tanpa harus menyinggung kemesuman, mereka tetap lucu.

    yg barat mah…lbh sering nyerempet2. malas.

    [Reply]

    arif Reply:

    @sky, wah lum pernah yg di kompasTV :(. klo yg barat ya memang sepertinya memang begitu budayanya :)

    [Reply]

  3. itu koq bawa gitar segala ya? yg rusa tahu si biasanya cuma berdiri terus cerita2 :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @Rusa, berceritanya sambil menyanyikan lagu :D. silakan disimak, tetap kocak :D…..

    [Reply]

  4. Sial, di tipi saya MetroTV gak ketangkep. :(

    [Reply]

    arif Reply:

    @Asop, oh sayang sekali masbro. disarankan segera “menangkap” sinyal tipi tersebut supaya bisa ikutan ngakak ntar malam :D

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>