Tips Mendinginkan Modem

tips mendinginkan modemSebetulnya ini bukan termasuk kategori kumpulan ebook meskipun posting ini kemudian saya masukkan dalam kategori ebook kompie :). Jadi hanya sekadar tips ringkas tentang bagaimana cara untuk membuat modem internet lebih “dingin”. Tujuannya agar modem dengan kualitas yang cukup pas-pasan, tetap dapat cukup diandalkan untuk berselancar di dunia maya dalam waktu yang cukup lama. Sebab seperti diketahui jika modem mudah lekas panas, meskipun sinyal cukup baik maka kecepatan akses dan download bisa terpengaruh. Jadi lebih lemot dan semacamnya. Barangkali tentu sudah banyak yang tau pula ada beberapa cara untuk “mendinginkan” modem internet eksternal. Baik GSM ataupun CDMA.

Pertama, bisa dengan cara “membalut” modem dengan tisu basah. Kedua, bisa dengan “balutan” es batu yang ditaruh di dalam plastik. Tapi saya tidak melakukan cara itu semua. Saya memilih cara yang lebih ringkas, cara Ketiga yaitu dengan meletakkan modem dekat dengan kipas angin. Seperti gambar di bawah ini :D. Jangan lupa lupa¬†dikasih kabel USB tambahan.

Modem internet yang saya pakai saat ini adalah Modem Smartfren. Modem yang cukup “murah meriah”, saya beli di pameran komputer beberapa bulan lalu. Lebih sering diisi pulsa paket per bulan unlimited yang seharga tidak sampai 50 ribu :mrgreen:. Tapi sejauh ini cukup puas dengan service-nya. Sinyal di sekitar kos tempat untuk berselancar sehari-hari juga cukup baik.

Perlu diketahui pula bahwa tips ringkas si atas bukan untuk memperkuat sinyal, tapi lebih kepada untuk menjaga kestabilan kecepatan akses. Kalau untuk memperkuat sinyal, mungkin bisa pakai cara lain seperti diberi kabel tambahan atau beli penguat sinyal saja :).





Posting Yang Berkaitan :

17 thoughts on “Tips Mendinginkan Modem”

  1. Hhahhaa, itu kenapa ditongkrongin di kipas angin gitu..
    Kalau dimasukin ke kulkas gimana ya?

    [Reply]

    arif Reply:

    @giewahyudi, hmm, lum pernah nyoba mas, berhubung di kos ga punya kulkas, tp ide bagus tuh hahaha :mrgreen:, mas Gie pernah nyoba pa hehehe

    [Reply]

  2. Yang jelas modem diletakkan pada benda-benda yang dingin gitu ya, masalahnya saya kadang juga pakai modem sampai larut malam dan itu membuat modem menjadi sangat panas.

    [Reply]

    arif Reply:

    @m-amin, oleh karena itu, tips diatas patut dicoba Om :D

    [Reply]

  3. haha., lucu juga lihatnya., tapi dulu saya punya modem yang lebih lucu., ntah kenapa modemku yang dulu kudu di angetin dulu baru mau konek., akhirnya saya lepas tuh casingnya., lalu tiap mo nyolokin ke kompi di angetin dulu pake korek api atau apalah yg penting panas., baru mo konek., sampe modemnya dah ga berupa akibat keseringan di panasin jadi hitam deh tuh pcb’nya hehhe., mudah2an pengalamanku ga ada yang ngalamin ., :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @djawa, wah ternyata kebalikannya, “panas” dulu baru bisa dipake, tp itu pengalaman lucu, baru tau saia yg kayak gitu :mrgreen:

    [Reply]

  4. Kalau saya lebih sering meletakkannya di lantai, penyerapan panas stabil. Kalau kipas kadang2 sering mengganggu sinya, apalagi gede bisa menimbulkan noise. :)

    [Reply]

    arif Reply:

    @Kaget, utk modem yg saya pake saat ini, cara tersebut kurang menjadikan modem “dingin” mas :D, tp sejauh ini pake kipas angin, noise ga muncul kok he3

    [Reply]

  5. Tips yang menarik tp sedikit ribet :)
    Saya pke moden prolink dan sy kira ini termasuk tahan panas krn sering sy gunakan non stop beberp hr dn hnya anget doang :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @eko susilo, wogh, klo seperti itu berarti udah cukup “bandel” mas, tips di atas bisa diabaikan sahaja :mrgreen:

    [Reply]

    eko susilo Reply:

    @arif, Ya sebagai pendingin serba guna bt sy cukup tatakan lopi yg tercolok ke usb saja :D

    [Reply]

  6. Wah sama nih modemnya dengan yang di pict, cepat sekali panas , dulu waktu beli di beri tahu teman kalau modem model ini cepat panas , tapi karena mumpung promo akhirnya dibeli juga . Makasih tipsnya , saya lebih cocok dengan tips yang ke 3 saja.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: