Profil Jeremy Lin

Profil Jeremy LinJeremy Lin merupakan pebasket muda keturunan Asia yang menjadi idola baru di NBA (National Basketball Association), khususnya semenjak awal tahun ini 2012. Karirnya langsung “naik daun” setelah ia mengantarkan New York Knicks menang atas Los Angeles Lakers (92-85) 10 Februari lalu :). Ia juga mencetak rekor pribadi yakni 38 point ditambah 7 assist. Lin adalah lulusan Palo Alto HS (California) High School dan kuliah di Harvard (2006–2010). Lin pernah meraih prestasi ABA Club Championship MVP (2011). ABA Club Championship adalah turnamen basket Asia untuk klub, diselenggarakan oleh Asian Basketball Association (ABA).

Sebelum mencapai ketenaran bersama Knicks, Lin sempat bergabung dengan Golden State Warriors. Tapi karena gagal menempati skuad Warriors, Lin akhirnya dipinjamkan ke klub D-League, Reno Bighorns. D-League merupakan kompetisi pengembangan bakat yang dikelolah NBA. Tahun lalu, Lin bahkan sempat tampil liga basket Cina bersama Dongguan Leopards. Awal musim ini Lin akhirnya dibeli Knicks. Bersama tim Metroplis itu penampilan Lin semakin mengkilap. Ia beberapa kali menjadi bintang kemenangan Knicks di kancah NBA.

Kepopuleran Lin mencuri banyak perhatian. Tidak hanya bagi penggemar basket Amerika dan seluruh dunia, tapi banyak tokoh atau public figure yang mengalami “demam” Jeremy Lin. Bahkan Presiden Barack Obama dan Kim Kardashian juga mengagumi atlet lulusan Ekonomi Universitas Harvard dengan IPK 3,1 itu. Begitu pula dengan petenis Dunia, Roger Federer. Mantan pemain NBA asal China yang telah pensiun sejak tujuh bulan lalu yaitu Yao Ming, juga berminat satu tim dengan Jeremy seandainya ia tidak pensiun. Namun di sisi lain, petinju kawakan Floyd Mayweather Jr. justru meragukan kemampuan pebasket keturunan China tersebut.

Penampilan luar biasa Jeremy Lin bersama Knicks ternyata juga memberikan efek positif bagi penjualan kaos tim. Tidak hanya jersey Lin di Knicks, kaos Lin saat masih memperkuat Golden State Warriors juga menjadi incaran penggemar. Jersey Lin yang paling dicari adalah seragam Lin ketika ia mencetak 38 poin untuk membawa Knicks mempermalukan Lakers. Jersey tersebut kabarnya telah dilelang dalam acara amal. Penawaran tertinggi menginjak harga 190 juta rupiah, yang mana rencannya hasil pelelangan itu akan disumbangkan kepada yayasan Garden of Dreams.

Para penggemar Lin mempunyai nama “Linsanity”, yang artinya kekaguman atau kegilaan pada Lin. Lin merupakan orang Asian-American pertama di NBA sejak tahun 1947. Nama lengkap Lin adalah Jeremy Shu-How Lin. Lahir pada 23 Agustus 1988. Mempunyai tinggi badan 1.91 m dan berat: 90.7 kg. Ayah Lin, Gie-Ming merupakan imigran asal Taiwan yang menikahi wanita Amerika Serikat, Shirley.

Profil Lin selengkapnya di : wikipedia, nba, dan espn. Dan social media Lin : twitterfacebook, serta website.

***

Kapan ya ada pemain basket asal atau keturunan Indonesia yang bisa berkiprah di NBA :oops: ? Sepertinya harapan untuk itu memang sangatlah sulit, sebab sedikit sekali pemain asal Asia yang bisa bermain di ajang basket paling bergengsi dunia tersebut. Tapi yang namanya cita-cita dan impian harus terus dipelihara, dan tentunya selaras dengan usaha serta doa :mrgreen:.





Posting Yang Berkaitan :

15 thoughts on “Profil Jeremy Lin”

  1. Makin bertambah saja bintang2 NBA yang berasal dari Asia. Kapan dari Indonesia, ya?

    [Reply]

    arif Reply:

    @alamendah, sepertinya pertanyaan retoris kalau mau dilihat dari sisi negatif, tapi sisi positifnya bisa jadi pemicu semangat berprestasi :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: