Log In Dahulu Sebelum Blogwalking

log in dahulu sebelum berkomentarMinggu lalu hingga awal minggu ini, saya merasakan dunia blog tambah sepi. Alasan pertama, adalah karena saya sendiri sedang jarang update posting sehingga aktivitas Blogwalking (BW) juga berkurang :D. Alasan kedua, yakni disebabkan kerena adanya perkembangan terbaru dalam aturan pemberian komentar di platform WordPress. Komentar di posting-posting terbaru jadi nampak sepi, padahal itu salah satu faktor yang bagi saya perlu mendapat perhatian. Salah satu bentuk interaksi dalam duna blog, masukan kritik dan saran bisa melalui komentar. Yang saya alami adalah tidak bisa berkomentar di beberapa blog lain. Ada notifikasi yang kurang lebih isinya bahwa alamat email yang digunakan terdaftar di WordPress sehingga harus Log In terlebih dahulu untuk bisa berkomentar. Jadi menyisakan tanda tanya :|.

Tetapi kemarin, ketika BW ke blog Mas Asop, terjawablah pertanyaan itu. Rupanya tidak hanya saya yang mengalami hal itu. Ada aturan baru yang berlaku secara keseluruhan. Disebutkan bahwa WordPress (Automattic sebagai pemilik layanan, termasuk di dalamnya ada Gravatar, Akisemat, dll) mempunyai aturan baru dalam pemberian komentar di platform tersebut.

Berdasarkan pengamatan dan analisis kecil-kecilan yang saya lakukan, ada dua kesimpulan mengenai aturan baru itu. Meskipun kabarnya aturan baru itu tidak secara luas diumumkan atau diberitahukan satu per satu kepada pengguna WordPress. Misalnya hanya berupa pengumuman di forum WordPress dan jadi salah satu topik diskusi. Beberapa pengguna WordPress dan Gravatar jadi sedikit gregetan :(.

Kesimpulan dari aturan baru itu adalah :
1). Jika berkomentar menggunakan alamat email (surel = surat elektronik) yang pernah didaftarkan di layanan WordPress (baik WordPress.com maupun CMS WordPress yang diinstal di blog berbayar, layanan Gravatar, dan layanan lainnya di Automattic), maka harus Log In / Sign In ke WordPress.com terlebih dahulu sebelum bisa memasukkan komentar.
Baik di blog “gratisan” di WordPress.com maupun di blog domain berbayar (dot com, dot net, dot web.id, dll) yang menggunakan CMS WordPress tetapi tidak selfhosting (hosting numpang di WordPress).
2). Tetapi jika menggunakan email (dengan keterangan seperti di atas, yang pernah didaftarkan di layanan WordPress, dan seterusnya) untuk berkomentar di blog domain berbayar yang selfhosting (menggunakan hosting sendiri), maka tetap bisa berkomentar tanpa harus Log In ke WordPress.com terlebih dahulu.

Untuk kesimpulan pertama, ada yang bilang bahwa kemudian WordPress menjadi terkesan seperti layanan blog lain yang mana hanya user saja yang bisa berinteraksi melalui komentar :(. Tapi di sisi lain tersirat alasan katanya demi keamanan atau semacamnya. Tetapi yang pasti dan perlu diketahui adalah bahwa tidak semua blogger memiliki akun di WordPress.com dan tidak semua yang memliki akun WordPress.com itu melakukan Log In terlebih dahulu ketika BW. Ada pula yang hanya memiliki atau mendaftarkan emailnya di Gravatar, sehingga tidak bisa berkomentar sebab diminta harus Log In WordPress.com dahulu.

Untuk mengatasi hal ini, yakni berkomentar di kasus pertama tanpa harus Log In, maka solusinya adalah menggunakan alamat email lain yang belum pernah didaftarkan pada layanan WordPress (termasuk Gravatar, dll). Hanya saja ada kekurangannya yaitu avatar tak bisa terlihat.

Saya tidak memilih menggunakan solusi di atas, sebab saya masih menginginkan avatar nampak di komentar. Dan lagipula ketika BW, tidak semua blog yang saya kunjungi adalah blog domain berbayar selfhosting. Ada blog di WordPress.com, blog domain berbayar yang numpang hosting, hingga blog dengan paltform lain. Sedangkan saya punya akun di WordPress.com. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk selalu Log In terlebih dahulu sebelum berkomentar. Sebab selama ini tidak selalu Log In. Terkadang cukup menyulitkan di kala koneksi terbatas misalnya menggunakan HP.

Apakah ada yang mengalami masalah serupa? Silakan share dimari :)!





Posting Yang Berkaitan :

21 thoughts on “Log In Dahulu Sebelum Blogwalking”

  1. oh ini ternyata penyebab masalahnya toh… pantesan seminggu ini banyak yang komplain ga bisa comment harus login dulu..

    terima kasih infonya ya bro…

    [Reply]

  2. berarti bukan saya yg mengalami kesulitan ketika berkomentar, saya baru tau hari ini pas blogwalking.. tapi untung saya sudah punya akun WP dan Gravatar yg sama :)

    [Reply]

    arif Reply:

    @emfajar, “kesalahan” memang bukan pada user, tapi pada perubahan aturan kebijakan :). harapannya semoga WordPress tetap familier buat semua blogger dan nyaman – mudah digunakan!

    [Reply]

  3. saya juga baru tau,,
    selama ini BW biasanya log in terlebih dahulu :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @ysalma, ohiya, sepertinya dengan kebijakan baru itu, jangan lupa untuk selalu logout di blog yang baru saja dikunjungi :)

    [Reply]

  4. kadang bikin males klo mo komentnya., jadi ribet dan akhirnya pulang deh., :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @Djawa, tips nya ya di antara dua di atas, selalu pake email yang belum pernah didaftarkan di wordpress dll, atau selalu log in wordpress.com (jika punya akun) :)

    [Reply]

  5. oh gitu..baru tau saya.. selama ini komen ya komen aja.. jarang perhatiin gravatar muncul atau engga hehe

    [Reply]

    arif Reply:

    @ratna, kalau komen dimari memang tidak terlihat adanya peraturan baru itu, coba mbaRatna komen di blog WordPress.com mungkin akan nampak, *jadi susah, ga bisa kalau emailnya telah register Gravatar.com* :) .

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: