Wisata Kebumen

Wisata KebumenBeberapa minggu lalu (masih di Bulan Maret 2012), saya berkesempatan untuk jalan-jalan alias wisata (gratis) ke Kebumen. Jadi posting ini memang sebetulnya agak telat, baru sempat memindah dan mengolah foto dari kamera digital :D. Kebumen adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pesisir pantai selatan. Berbatasan dengan tempat lahir saya (Kabupaten Purworejo) di sebelah timur, Cilacap (barat), dan Banyumas (Utara). Wisata tersebut merupakan wisata bersama rombongan kantor dimana Ayah saya bekerja kini. Kedua orang tua, saya dan adik saya yang paling bungsu berkesempatan jalan-jalan ke beberapa lokasi wisata di Kebumen. Berangkat jam 6 pagi menggunakan bus carteran, pulang sampai rumah pas di waktu Maghrib tiba.

Sehingga hanya beberapa lokasi wisata saja dari banyaknya lokasi wisata Kebumen yang bisa dikunjungi dalam rentang waktu tersebut. Tepatnya ada 5 lokasi wisata Kebumen yang kami kunjungi. Rute perjalanan wisata ke Kebumen :

wisata kebumen

Sate Ambal

Sate Ambal merupakan salah satu kuliner khas Kebumen yang cukup terkenal. Sate ayam yang dimasak dengan cara tersendiri. Berlokasi di sebuah daerah yang bernama Ambal. Dimana tempat tersebut bukan hanya saja lokasi wisata kuliner dengan banyak penjual sate ambal (dan kuliner khas Kebumen lainnya), tetapi juga di waktu tertentu ada event “Balapan Kuda”. Biasanya di kala musim liburan, misalnya libur Lebaran.

sate ambal

Karangbolong

Karangbolong adalah sebuah pantai dimana terdapat muara sungai dan terdapat sebuah karang yang “bolong” sehingga seperti gua kecil yang bisa ditelusuri. Banyak sarang walet di sana. Jarak Pantai Karangbolong dari Kota Kebumen sekitar 40 Km sebelah barat daya.

pantai karangbolong

Di Pantai Karangbolong, para wisatawan bisa menikmati deburan ombak dan pemandangan pantai serta naik perahu menyusuri sungai untuk menyeberang dari sisi yang satu ke yang lain ketika air tidak begitu pasang. Beberapa kuliner khas pantai juga tersedia, seperti undur-undur laut yang digoreng. Sayangnya, ketika kami kesana, banyak sisi pantai yang kotor :(.

pantai karangbolong

Sendang Pelus

Sendang Pelus adalah sebuah sendang (mata air) yang dihuni Pelus. Berlokasi di daerah Buayan Kebumen. Pelus adalah sejenis hewan mirip belut yang berukuran cukup besar. Sendang Pelus merupakan lokasi wisata kecil yang terletak di area pemukiman dan dekat dengan area tambang batu kapur / gamping.

sendang pelus kebumen

Benteng Van der Wijck

Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini terletak di Gombong, sekitar 21 km dari kabupaten Kebumen. Nama benteng ini diambil dari Van Der Wijck, yang kemungkinan nama komandan pada saat itu. Nama benteng ini terpampang pada pintu sebelah kanan. Benteng ini pernah digunakan untuk lokasi syuting film Tim Bui yang tayang di MetroTV.

benteng van der wijck

Tidak hanya wisata sejarah menyusuri Benteng, tetapi dilengkapi dengan arena bermain mulai dari lokasi berenang, terapi ikan, hotel wisata, hingga naik kereta berkeliling di atap Bentang (tiket Rp. 5.000,-).

benteng van der wijck

Jadi Baru

Selepas dari Bentang Van der Wijck, dilanjutkan makan sore di salah satu Rumah Makan Padang, Argo Minang. Lalu di sore hari berhenti di salah satu pusat perbelanjaan di Kebumen yang bernama Jadi Baru.

**

Alhamdulillah wisata akhir pekan di hari Minggu yang menyenangkan, bisa berkesempatan menikmati pemandangan alam dan berbelanja :D.

Posting Yang Berkaitan :

9 thoughts on “Wisata Kebumen”

  1. piknik yuk piknikkkk…
    masih bingung, bagaimana banyak orang bule travelling traveling kliatannya gak pusink mikirin kera ya… :D

    [Reply]

    arif Reply:

    @suke lagi nyari kerja, kera maksudnya “monkey” alias money ya :D. Itu mungkin bule-bule yang memang punya duit lebih, barangkali di Indonesia sebagai negara berkembang, golongan atau kelas masyarakat yang seperti itu memang jumlahnya masih sedikit. Ada pula unsur kurangnya geliat industri wisata di dalam negri

    [Reply]

  2. Sayang mas, Kebumen jauh banget dari Jayapura :D
    Kalo dekat, pasti deh bakal saya sambangi :D
    Saya kangen sama makanan di Jawa yang harganya murah meriah tapi mengenyangkan, wkwkwkw…. :lol:

    [Reply]

  3. Sate ambal, yang membedakan dengan sate ayam lainnya adalah bumbu/sambel yang digunakan, ditambah tempe.
    Kapan-kapan main ke Cilacap mas, pantainya tidak kalah indahnya
    :promosi :D
    Di benteng vander wijk masih adakah perahu onthel nya?

    [Reply]

    arif Reply:

    @Sholihin, yoi, pengen keliling wisata ke cilacap juga. Lum pernah soalnya. Perahu onthel nya masih ada, lengkap taman bermain :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>