Umur Ibadah Manusia

Umur Ibadah ManusiaSalah satu ayat Al Quran yang disebutkan oleh Khatib di Khutbah Jumat tadi siang adalah Surat Fathir ayat 5. Kebetulan saya melaksanakan Ibadah Shalat Jumat di salah satu masjid yang dekat dengan kos, yaitu Masjid Uswatun Khasanah Jl. Kaliurang km 6 Sleman Jogja. Khatib membacakan arti surat tersebut : Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syetan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah (35-5). Melalui ayat tersebut (salah satu dari beberapa), Khatib ingin menyampaikan bahwa janganlah kita menyia-nyiakan kehidupan dunia atau umur manusia selama hidup di dunia. Kehidupan dunia adalah sarana untuk mencari bekal bagi kehidupan di akhirat :).

Dan masing-masing manusia telah diberi jatah untuk mencari bekal itu melalui usia atau umur. Tapi yang perlu diperhatikan pula yaitu bahwa, umur atau usia manusia untuk melakukan Ibadah secara produktif sebetulnya bukanlah umur total jatah manusia hidup di dunia. Akan tetapi masih dikurangi dengan waktu tidur dan masa kecil.

Umur Ibadah Manusia = Total Umur Manusia – Umur Masa Kecil - Waktu Tidur

Khatib memberikan contoh, misalnya rata-rata umur seseorang adalah 60 tahun. Umur masa kecil atau masuk waktu baligh di usia 10 tahun. Lalu rata-rata waktu tidur dalam sehari adalah 8 jam atau sepertiga dari 24 jam; sepertiga dari umur. Sehingga :

Umur Ibadah Manusia = 60 – 10 (1/3 X 50)

Umur Ibadah Manusia = 33 tahun

***

Semoga kita tidak menyia-nyiakan umur di dunia ini. Amin!





Posting Yang Berkaitan :

8 thoughts on “Umur Ibadah Manusia”

  1. Dulu saya juga sering Sholat di Masjid Uswatun Khasanah, tapi udah sepuluh tahun yang lalu….

    [Reply]

    arif Reply:

    @Mpad, asli Jogja apa dulu pernah kos di sekitar situ ya mas! :D

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: