Kumpulan Film : Tentang Social Media

film tentang social mediaFilm-film berikut ini adalah film yang bertemakan seputar Jejaring Sosial atau social media. Baik film dalam negri maupun film yang berasal dari luar. Tak bisa dipungkiri jika memasuki abad 21, seiring perkembangan teknologi informasi khususnya dunia maya, maka yang namanya ranah social media semakin banyak penggunanya. Semakin mempunyai peran yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam banyak hal atau aspek kehidupan seperti : sosial, ekonomi, pendidikan, hukum, kesehatan, teknologi, hiburan, dan bahkan politik. Sehingga topik tentang social media menjadi menarik untuk di-film-kan atau dijadikan film. Dan terbukti, beberapa dari film-film berikut ini cukup laris manis  banyak ditonton dan dikenal publik :).

Kumpulan Film Tentang Social Media

I Know What You Did on Facebook (2010)

I Know What You Did on Facebook adalah film drama komedi tahun 2010 yang disutradarai dan ditulis oleh Awi Suryadi, sutradara Claudia / Jasmine. Film yang dirilis tanggal 15 Juli 2010 ini menceritakan tentang kisah percintaan yang terjalin lewat situs jejaring sosial Facebook dan imbasnya yang terjadi di dunia nyata. Film ini dibintangi oleh Fanny Fabriana, Edo Borne, Imelda Therinne, Restu Sinaga, Agastya Kandou, dan memperkenalkan Kimmy Jayanti sebagai salah satu pemain utama (sumber : wikipedia).

The Social Network (2010)

The Social Network adalah film drama Amerika Serikat tahun 2010 yang diangkat dari buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich tentang pendiri situs web jejaring sosial Facebook. Film ini disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Brenda Song, Rooney Mara, dan masih banyak lagi. Tiada satupun pendiri ataupun karyawan Facebook yang ikut andil di film ini, termasuk Mark Zuckerberg. Cerita untuk film ini ditulis oleh Aaron Sorkin yang dikonsultasikan pada teman Mark yang ikut mendirikan Facebook, Eduardo Saverin (sumber : wikipedia).

Linimas(s)a : Documentary Movie (2011)

Sebuah film dokumenter berjudul “Linimas(s)a” (bahasa Indonesia) atau “Timeliner(s)” (bahasa Inggris). Maksud dari judul tersebut adalah permainan kata antara istilah “linimasa” alias “timeline” yang banyak digunakan dalam media sosial dengan “massa”, yang bisa berarti kelompok, komunitas ataupun masyarakat luas. “Linimas(s)a” menggambarkan kekuatan gerakan sosial publik di ranah offline maupun online, yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara signifikan. Diceritakan pula bagaimana pemanfaatan Internet dan media sosial oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa! (sumber : kalamkata.org)

Republik Twitter (2012)

Republik Twitter adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 16 Februari 2012 dan disutradarai oleh Kuntz Agus serta dibintangi oleh Laura Basuki dan Abimana Aryasatya. #RepublikTwitter adalah cerita tentang Sukmo (Abimana Aryasatya), lelaki jogja yang ambisius, lucu dan cerdas. Sukmo menjalani kesehariannya leih banyak dibelakang komputer, hingga ia jatuh cinta kepada Hanum (Laura Basuki), perempuan cantik yang pemurung, yang dikenalnya juga melalui twitter (sumber : wikipedia).

***

Ada yang punya tambahan referensi dan informasi lain tentang film seputar socoal media? :D





Posting Yang Berkaitan :

9 thoughts on “Kumpulan Film : Tentang Social Media”

  1. baru nonton yang I know what you did on Facebook… yang lain bust ringan ringan enak di ton ton kayaknya ya…

    [Reply]

    arif Reply:

    @applausr, saya ketinggalan nonton film Republik Twitter di Bioskop, nunggu tayang di tipi aja deh ^_^

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anti-Spam Quiz: