Penyanyi Nasyid Luar Negri

penyanyi nasyid luar negriBisa jadi disebabkan karena Nasyid lokal atau asli Indonesia saat ini sedang cukup “sepi”, maka menurut saya lalu ada kecenderungan bahwa penyanyi Nasyid yang berasal dari luar negri saat ini lebih dikenal dan sedang lebih disukai oleh penggemar musik (khususnya musik Nasyid) Indonesia :). Setidaknya beberapa tahun terakhir ini. Memang musik Nasyid Indonesia pada beberapa tahun lalu (era 1990-an akhir hingga 2000-an awal) sempat menjadi tren, walaupun sebentar. Dibuktikan dengan semakin banyaknya grup Nasyid yang dibentuk kebanyakan oleh para mahasiswa sekaligus aktivis, serta beberapa event kompetisi musik Nasyid di kala itu.

Tapi kini, bahkan di kala memasuki musim Puasa Ramadhan hingga Lebaran, hanya sedikit grup Nasyid Indonesia yang masih cukup eksis dikenal luas. Bisa jadi memang karena minat generasi muda Indonesia terhadap Nasyid berkurang. Setidaknya menurut saya pribadi, sehingga justru tren-nya adalah bernama Musik Religi. Semua penyanyi baik penyanyi solo perempuan, laki-laki, maupun grup band ramai-ramai membuat lagu dan atau album bernuansa Religi.

Sehingga kondisi seperti itu menjadi cukup wajar apabila beberapa penyanyi Nasyid dari luar atau bisa dikatakan Nasyid Internasional lalu mengisi kekosongan atau “membidik” potensi pasar Indonesia (dengan jumlah muslim yang cukup banyak) tersebut dengan cukup baik. Beberapa penyanyi Nasyid yang saya maksud antara lain :

Sami Yusuf

Adalah penyanyi Nasyid atau Munsyid sekaligus penulis lagu, komposer, produser dan musisi multi-instrumentalis (Inggris-Iran). Pada akhir tahun lalu berencana menyapa penggemarnya di Indonesia melalui konser. tetapi rupanya acara tersebut kabarnya diundur. Beberapa lagu favorit saya antara lain : You Came to me, Healing, Hear Your Call, Asma Allah, dan In Every Tear He is There. Profil selengkapnya di samiyusufofficial.com.

Maher Zain

Maher Zain adalah penyanyi asal Swedia. Dan sudah pernah menyapa para penggemarnya di Indonesia, juga tampil di beberapa acara Televisi Indonesia. Beberapa waktu lalu baru saja merilis album terbaru, bertajuk Forgive Me. Profil selengkapnya di maher-zain.com.

Pada video klip di atas, sebuah lagu berjudul I Believe yang dinyanyikan oleh Maher Zain berduet dengan seorang penyanyi Nasyid asal Kanada yaitu Irfan Makki yang juga cukup populer.

Native Deen

Adalah grup Nasyid (hip hop Islami) asal Washington, Amerika Serikat. Pada akhir tahun lalu pernah mampir di Indonesia dan menyambangi beberapa kampus di tanah air. Sekaligus memperkenalkan album baru : Remedy. Berikut ini salah penampilannya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Disclaimer :
Dikutip dari nasyid-center, pengertian Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para Nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Beberapa grup Nasyid yang cukup terkenal di Indonesia seperti Raihan, Snada, Justice Voice, dll.

Posting Yang Berkaitan :

6 thoughts on “Penyanyi Nasyid Luar Negri”

  1. Saya pernah nonton konsernya Maher Zain dan ternyata suaranya biasa-biasa aja, memang liriknya bagus..

    [Reply]

    arif Reply:

    @giewahyudi, saya malah lum pernah nonton langsung penyanyi nasyid luar, tapi terkadang suka ndengerin Sami Yusuf, Maher Zain dan Irfan Makki :D

    [Reply]

  2. ini memang bisa menjadikan pesaing bagi para penyanyi lokal…… tapi setidaknya dengan adanya persaingan yang sehat menjadikan motivasi untuk menjadi yang lebih baik……….. thanks for your information…. :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>