Daur Ulang Botol Plastik Bekas

Daur Ulang Botol Plastik BekasDaur ulang botol plastik bekas adalah cara yang cukup mudah dan sederhana dari sekian banyak cara lain untuk berpartisipasi dalam mengurangi sampah demi menjaga lingkungan. Di jaman seperti sekarang ini, konsumsi botol plastik kian banyak. Sehingga makin banyak pula sampah botol plastik menumpuk. Sayangnya tidak semua jenis botol plastik mudah terurai sempurna dan justru umumnya membutuhkan proses yang lama hingga bertahun-tahun. Sedangkan teknologi pengurai botol plastik bekas nampaknya belum banyak digunakan, mungkin pula karena tingkat kepedulian yang masih perlu ditingkatkan. Begitu pula dengan membakar sampah botol plastik yang juga bukan solusi terbaik sebab akan menimbulkan polusi udara.

Oleh karena itu, botol plastik bekas perlu dimanfaatkan kembali. Setidaknya bisa berguna untuk keperluan lain daripada sia-sia alias mubazir menambah onggokan sampah yang mencemari lingkungan. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang botol plastik bekas, misalnya untuk botol plastik bekas air mineral. Bisa dilakukan siapa saja termasuk bagi anak kos seperti saya.

Wadah Deterjen

Wadah Deterjen dari Botol Plastik BekasMemanfaatkan kembali botol plastik bekas sebagai wadah deterjen adalah sangat mudah. Dan mungkin sudah lumrah sering dilakukan oleh banyak orang. Apalagi anak kos yang umumnya mencuci baju sendiri tanpa perlu ke laundry. Selain sebagai wadah deterjen cuci pakaian, juga dapat pula digunakan sebagai wadah cairan pengharum pakaian. Musim hujan seperti ini, cairan pengharum pakaian cukup perlu agar supaya pakaian yang tak kunjung kering karena minim sinar matahari tidak berbau apek.

Pot Tanaman

Pot Tanaman dari Botol Plastik BekasMembuat pot tanaman sederhana dari botol plastik bekas juga bisa dilakukan dengan mudah. Hanya perlu alat bantu gunting atau pisau untuk mengubah botol plastik bekas menjadi pot tanaman. Lalu tinggal memotong botol plastik sedemikian rupa hingga membentuk seperti pot. Tanamlah dengan tumbuh-tumbuhan yang bisa tumbuh dan berkembang dengan ruang yang sekiranya seluas ukuran botol plastik bekas tersebut. Bisa berupa tanaman sejenis bunga atau mungkin sayuran.

Tertarik untuk mendaur ulang botol plastik bekas dengan ide yang lebih kreatif? Mungkin tautan berikut ini patut untuk dicoba : 10 Ide Kreatif Daur Ulang Botol BekasGo green :D!

Posting Yang Berkaitan :

6 thoughts on “Daur Ulang Botol Plastik Bekas”

  1. Ada tetangga saya yang menjadikan botol bekas menjadi uang. Dengan cara dikumpulkan sebanyak2 nya dan disetor ke pengepul barang bekas, dan drada……. jadilah uang :lol:

    [Reply]

  2. Go go green!!!! I like this one! >.< Daur ulang bisa ngurangi sampah, menambah kreativitas, dan juga bisa berguna buat tempat pensil… Caranya pun mudah dan sgt simple! ;)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>